Beberapa Cara Cek Tagihan Listrik


Listrik menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap harinya manusia selalu butuh listrik untuk kegiatan sehari-hari. Untuk keperluan rumah tangga, pendidikan, fasilitas umum dan masih banyak lainnya. Di indonesia kebutuhan listrik di atur oleh PLN (perusahaan listrik negara). Sebagai warga negara yang baik, kita harus selalu membayar tagihan listrik setiap harinya. Lalu setiap bulan kita harus cek tagihan listrik, supaya tahu berapa banyak yang harus kita bayar.
Hitungan tagihan listrik berdasarkan tarif dasar listrik yang sudah ditentukan oleh PLN. Tarif dasar listrik ini berdasarkan jumlah volt listrik yang kita pakai. Oleh karena itu setiap rumah tangga memiliki jumlah tagihan yang berbeda-beda. Dengan adanya teknologi yang semakin meningkat. Membuat PLN memberikan banyak inovasi. Sehingga pelanggan PLN lebih mudah cek tagihan listrik PLN online bulanan atau membayar listriknya.
Dulu untuk cek tagihan, anda harus pergi ke kantor PLN atau kantor pos. Tapi sekarang ada banyak sekali cek tagihan listrik gratis. Sebelum melakukan pembayaran, anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu, jadi anda tahu berapa banyak tagihan yang harus anda bayar. PLN memberikan beberapa cara untuk pengecekan tagihan. Bisa melalui online, sms atau lewat aplikasi. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas dibawah ini.
Cara Cek Tagihan Listrik Via SMS
Cara cek tagihan listrik yang pertama bisa melalui sms. Untuk mempermudah pelanggannya, PLN bekerja sama dengan perusahaan operator seluler yang ada di indonesia. Seperti indosat, telkomsel, Xl, Fkexi, mobile 8 dan asiata. Sehingga anda bisa lebih mudah untuk mengecek tagihan listrik setiap bulannya. Apalagi saat ini hampir semua orang di indonesia menggunakan layanan dari operator selular. Inilah yang membuat PLN memberikan fitur ini kepada pelanggannya.
Pelanggan PLN bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu, supaya bisa mendapatkan pemberitahuan setiap bulannya. Caranya sangat mudah, berikut ini langkah yang harus anda lakukan untuk cek tagihan listrik pasca bayar atau prabayar lewat sms.

  •      Ketik sms dengan format REK (spasi) No ID pelanggan PLN dan kirim ke 8123

  •      Buat anda yang ingin berlangganan setiap bulannya secara otomatis,. Bisa daftar terlebih dahulu. dengan ketik PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan PLN dan kirim ke 8123
cek tagihan listrik
  •      Untuk berhenti berlangganan cek tagihan listrik lewat hp ini, tinggal sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) No ID pelanggan PLN dan kirim ke 8123.
cek tagihan listrik

  •      Biaya yang harus anda keluarkan sebesar Rp 500 per smsnya. Tarif ini berlaku untuk semua operator selular.


Cara Cek Tagihan Listrik Via Online
Selain melalui sms, anda juga bisa cek tagihan listrik PLN online. Cara ini memang lebih mudah. Apa lagi di zaman digital seperti sekarang ini. Semua orang pasti menggunakan internet. Jadi lebih mudah untuk mengeceknya. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengunjungi situs resmi PLN. Nanti akan ada kolom untuk cek tagihan. Anda tinggal masukan nomor ID pelanggan PLN anda. lalu pilih cek. Nanti akan muncul berapa jumlah uang yang harus anda bayar pada bulan tersebut.
Dengan fitur cek online ini, anda tidak hanya bisa melakukan cek tagihan di bulan itu saja. tapi juga bisa melakukan cek tagihan pada bulan-bulan sebelumnya. Sehingga anda akan tahu perbandingan penggunaan tagihan bulan sebelumnya dengan bulan ini. Tapi sayangnya website resmi PLN ini sering eror dan bermasalah. Jadi terkadang butuh waktu lama untuk melakukan cek tagihan listrik via internet. Tapi dengan cara ini, anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk cek tagihan. Tidak seperti cek lewat sms.
*) Untuk sekarang layanan ini ditiadakan
Cara Cek Tagihan Listrik Via Aplikasi Android
Jika anda tidak bisa cek tagihan listrik online, anda bisa mengecek tagihan lewat aplikasi android. PLN memang memudahkan pelanggannya untuk melakukan pengecekan. Jadi tak perlu repot-repot pergi ke kantor PLN. Saat ini banyak orang yang memakai smartphone. Buat anda yang memiliki smartphone android bisa melakukan pengecekan lewat aplikasi android. Cara penggunannya sangat mudah dan banyak sekali fitur tambahan yang bisa anda gunakan.
Pertama kunjungi playstore pada smartphone android anda. Lalu cari aplikasi cek tagihan listrik PLN. Download dan instal di smartphone android anda. Setelah buka aplikasi cek tagihan listrik PLN. Nanti ada tiga pilihan menu. Ada cek tagihan PLN, pasang baru PLN dan konfirmasi pemasangan. Anda tinggal pilih menu cek tagihan PLN. Masukan nomor ID pelanggan anda. lalu pilih cek. Nanti akan muncul tagihan listrik anda pada bulan tersebut. anda juga bisa cek tagihan PLN untuk bulan-bulan sebelumnya. Sama seperti cek lewat online.
cek tagihan listrik
Cara Cek Tagihan Listrik Via Telepon
Anda juga bisa melakukan cek tagihan listrik lewat telepon. Jika anda memakai cara ini, tentunya anda harus mengeluarkan biaya telepon. Anda bisa menelepon melalui telepon selular atau telepon rumah. Untuk cek tagihan listrik, anda tinggal telepon ke nomor 123. Tak perlu nomor yang panjang. Cukup ketik 123 dan ditambahkan kode area telepon dirumah anda saja (Contoh : 0711-123). Nanti customer servise akan langsung menyapa anda. Kemudian ikuti instruksi pada telepon tersebut untuk terhubung ke Customer Service (CS) PLN. Kalau sudah di angkat oleh CS PLN langsung sebutkan permintaan untuk informasi tagihan anda. Nanti mereka akan menyebutkan besarnya tagihan yang harus anda bayar. Nomor tersebut juga bisa digunakan untuk tanya berbagai macam keluhan di PLN.
Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk cek tagihan listrik PLN. Bisa melalui sms, telepon. Website online atau lewat PT PLN cek tagihan listrik. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda juga bisa cek tagihan PLN langsung ke kantor PLN atau kantor pos. Sekalian untuk melakukan pembayaran. Lalu untuk proses pembayaran tagihan ada banyak cara yang bisa anda lakukan. PLN tidak hanya memudahkan dalam proses cek tagihan tapi juga cara pembayarannya. Berikut ini cara pembayaran tagihan listrik PLN yang bisa anda lakukan.
Cara Pembayaran Tagihan Listrik Via SMS
Anda bisa membayar tagihan listrik lewat sms. Tetapi sebelumnya anda harus sudah terdaftar di sms banking bank yang bekerja sama dengan PLN. Seperti BNI, BRI, dan bank mandiri. Jadi anda bisa melakukan cek tagihan listrik prabayar lewat sms dan pembayarannya pun bisa lewat sms. Inilah langkah-langkahnya (contoh dibawah ini untuk bank Mandiri)

  •      Ketik BYR PLN (kode rekening) (12 digit ID pelanggan PLN). Lalu kirim ke 3355
cek tagihan listrik

  •      Nanti anda akan mendapatkan sms balasan dan anda harus melakukan konfirmasi pembayaran.

  •      Masukan kombinasi PIN sms banking anda. lalu masukan pin yang diminta untuk dimasukan dan kirim ke 3355. Nanti pembayaran tagihan anda akan langsung berhasil.

Cara Pembayaran Tagihan Listrik Melalui Internet Banking
Buat anda yang memiliki internet banking, anda juga bisa melakukan pembayaran lewat internet banking anda. Cara ini akan membantu cek tagihan listrik PLN online anda lebih mudah. Apalagi saat ini banyak bank yang menawarkan fitur internet banking. Sehingga anda bisa melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja. Bank yang bisa digunakan adalah bank BRI, MANDIRI, BNI, BCA dan lainnya. Inilah langkah yang harus anda lakukan.

  •      Masukan ke alamat internet banking bank anda. bisa bri, bni, bca, mandiri dan lainnya.

  •      Lalu login dengan user name dan password internet banking anda.

cek tagihan listrik
  •      Pilih menu pembayaran dan pembelian. Nanti pilih pembayaran tagihan listrik.
cek tagihan listrik

  •      Masukan nomor id pelanggan PLN anda.
cek tagihan listrik

  •      Tekan kirim

  •      Konfirmasi pembayaran tagihan listrik dan masukan password internet banking anda.

  •      Masukan juga kode mToken dan pilih kirim.

  •      Jika berhasil anda akan dikenakan biaya Rp 500.

  •      Terakhir log out internet banking anda.

Sebenarnya masih banyak cara untuk membayar tagihan listrik dan cek tagihan listrik batam. Bisa melalui atm, langsung ke kantor pos atau kantor PLN dan masih banyak lainnya. Apalagi saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk pembayaran tagihan listrik. Jadi anda tak perlu bingung lagi. Lakukan pembayaran secara rutin setiap bulannya. Maksimal sebelum tanggal 10. Sehingga listrik di rumah anda tidak akan ada masalah. Sebelum melalukan pembayaran bisa cek tagihan listrik terlebih dahulu. Sehingga anda tahu berapa besar biaya yang harus anda keluarkan. Sekian artikel kali ini, terima kasih telah berkunjung meteranlistrik123.blogspot.com, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Beberapa Cara Cek Tagihan Listrik"